Menggunakan Fungsi Substitute, Left dan Find Untuk Memilih Teks di Microsoft Excel 2007 - BRIGADE 86 - Cara Cepat Belajar Komputer dan Belajar Blog
Headlines News :
Powered by Blogger.
Home » , , , » Menggunakan Fungsi Substitute, Left dan Find Untuk Memilih Teks di Microsoft Excel 2007

Menggunakan Fungsi Substitute, Left dan Find Untuk Memilih Teks di Microsoft Excel 2007

Written By Edie Daneva Warsono on Tuesday, 29 October 2013 | 15:56

Jasa Like Fanpage Murah 2014, 2015, 2016
Beberapa cara untuk memilih teks di excel adalah dengan menggunakan fungsi LEFT, RIGHT, dan MID. fungsi left untuk memilih sebagian teks di sebelah kiri dari sebuah teks berupa angka, simbol,huruf . UNtuk fungsi right akan memilih text dari sebelah kanan, serta fungsi mid untuk memilih teks di bagian tengah kalimat/kombinasi angka /simbol.

Dalam postingan kali ini khusus dibahas tentang penggabungan fungsi  substitute, left,find untuk memilih teks di excel 2007 (fungsi ini dapat juga digunakan di excel 2003 dan 2010). Untuk lebih mudahnya silahkan membuat tabel seperti di bawah ini:

1. Di bawah ini adalah daftar judul film yang film masih tercantum tahunnya. Sekarang akan dipilih judul filmnya saja dengan mengabaikan/menghapus tahun pembuatan filmnya.

 Khusus buat teman-tema-yang belum menguasai dasar-dasar excel, ada baiknya formulanya dipecah agar lebih mudah dimengerti.
Di kolom C akan dibuat formula yang akan memilih teks sebelum tanda kurung

a. di sel C3 ketik formula
=LEFT(B3,FIND(CHAR(40),B3,1))
Fungsi di atas akan mencari karakter ASCII yang ke-40 atau karakter tersebut adalah tanda buka kurung "(" , setelah menemukannya, maka excel akan mengambil semua karakter sebelah kiri dari tanda kurung (termasuk tanda buka kurung).

b. di sel D3 ketik formula
=SUBSTITUTE(C3,"(","")
Fungsi substitute di atas akan mengganti tanda "(" dengan blank (nilai kosong), atau sederhananya fungsi ini akan menghapus tanda buka kurung "(".

2. Jika fungsi di atas digabungkan secara langsung maka formulanya bisa disederhanakan dengan cara berikut:
Di sel D3 ketik rumus:
=SUBSTITUTE(LEFT(B3,FIND(CHAR(40),B3,1)),"(","")

Contoh hasilnya bisa dilihat di bawah ini:

 

Semoga postingan di atas bisa menjadi jawaban buat tema-teman yang pernah menyakan tentang cara memilih teks di depan / disebelah kiri dari tanda kurung.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Original Basic Design by Absolut Website Creator Modified by Oemah Web Banjar - West Java