Cara Mudah Membuat Proposal Skripsi - BRIGADE 86 - Cara Cepat Belajar Komputer dan Belajar Blog
Headlines News :
www.lazada.com
Powered by Blogger.
lazada
Home » » Cara Mudah Membuat Proposal Skripsi

Cara Mudah Membuat Proposal Skripsi

Written By Teknik Dasar Listrik on Sunday 8 December 2013 | 12:51

Jasa Like Fanpage Murah 2014, 2015, 2016

Mungkin masih ada rekan-rekan mahasiswa/mahasiswi yang saat ini kebingungan bagaimana cara membuat proposal skripsi, meskipun sudah belajar matakuliah metodologi penelitian. Tulisan ini kami buat dengan maksud agar bisa sedikit membantu kawan-kawan yang sedang kesulitan dalam membuat proposal skripsi.
dibawah ini akan kami coba uraikan bagaimana cara membuat proposal skripsi, apa isi dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya.
Membuat proposal skripsi tentunya ada patokan (aturan main) dari setiap perguruan tinggi masing-masing, dibawah ini kami menjelaskan proposal skripsi berdasarkan pengalaman dari membimbing mahasiswa-mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi.
 
Proposal skripsi umumnya terdiri dari: 
 
Judul skripsi/penelitian
judul skripsi ini merupakan ekspresi atas topik penelitian yang akan di teliti, judul skripsi sebaiknya dibuat sesingkat mungkin dan mencerminkan secara tepat tema penelitian yang akan dilakukan, menggunakan kalimat yang jelas dan lugas sehingga tidak multi interpretatif (lihat contoh judul skripsi yang ada di blog ini)
 
Latar belakang masalah
Penelitian pada umumnya didasari adanya suatu masalah dan masalah tersebut harus diungkapkan secara tegas di dalam latar belakang masalah.
 
Rumusan masalah
rumusan masalah skripsi atau pertanyaan penelitian pada hakikatnya adalah butir-butir yang lebih jelas atas permasalahan yang diungkapkan di dalam latar belakang masalah. 
 
Tujuan penelitian
tujuan penelitian merupakan informasi yang ingin disampaikan oleh seorang peneliti untuk menjawab rumusan masalah. oleh karena itu tujuan  penelitian hendaknya memuat target yang ingin dicapai dalam penelitian, sesuai dengan sesuatu yang terkandung di dalam rumusan masalah. 
 
Manfaat penelitian
merupakan hasil yang akan diperoleh setelah penelitian dilakukan. hal ini berkaitan erat hubungannya dengan tujuan penelitian. 
 
Telaah pustaka
setelah membuat tahapan-tahapan diatas maka untuk menemukan jawabannya diperlukan telaah-telaah pustaka. telaah pustaka memuat keterangan-keterangan dari penelitian sejenis yang telah dilakukan sebelumnya oleh orang lain (penelitian terdahulu). 
 
Kerangka teori
kerangka teori adalah teori-teori yang dipakai untuk menjuruskan atau merumuskan suatu hipotesis, toeri yang dipakai adalah teori yang betul-betul pilihan, lengkap dan relevan dengan penelitian yang akan dilakukan. 
 
Hipotesis (jika ada)
hipotesis merupakan jawaban sementara dari penelitian.
  1. Metode penelitian
  2. merupakan urutan pelaksanaan penelitian, bagaimana penelitian itu akan dikerjakan, bagaimana hasil penelitian akan dituangkan. metode penelitian biasanya termuat dari:
  3. Jenis penelitian atau pendekatan penelitian
  4. Subyek dan obyek penelitian
  5. Tempat atau lokasi penelitian
  6. Populasi
  7. Sampel
  8. Metode penentuan sampel
  9. Cara membuat uji instrumen
  10. Bahan-bahan atau alat-alat yang akan dipakai dalam penelitian (jika ada)
  11. Jalannya percobaan penelitian secara rinci (jika ada)
  12. Cara memperoleh data/ sumber data
  13. Cara analisis dan alat analisis data 
Sistematika pembahasan
memuat argumen-argumen logis yang mengemukakan pentingan bab dan sub bab dan hubungan satu bab dengan bab yang lain 
 
Daftar pustaka
daftar pustaka sementara bisa berupa buku, jurnal, sumber-sumber lain yang relevan yang telah dipublikasikan secara umum. 
 
Lampiran (jika ada)
Demikianlah yang bisa kami sampaikan untuk penjelasan cara membuat proposal skripsi, untuk memperjelasnya maka silahkan download salah satu contoh skripsi disini agar bisa melihat secara detail bagian per bagian. semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Share this article :

4 comments:

  1. Nice post jangan lupa kunjungi balik blog ku http://sewalaptopsby.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Nice Info Post Anda Jangan Lupa Kunjungi Blog Aku
    http://contohbimbinganskripsi.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Nice Post Sangat Bermanfaat Jangan Lupa Kunjungi
    http://servislaptopmurahsurabaya.blogspot.com/

    ReplyDelete

Komentar anda adalah bentuk apresiasi non verbal yang sangat berguna bagi situs ini. Tulislah beberapa kata untuk perkenalan dengan saya

 
Original Basic Design by Absolut Website Creator Modified by Oemah Web Banjar - West Java