 
Apakah Google itu?
Google adalah tempat mencari calon pembeli nomor 1 di internet. It's a fact that has been proven.. Dengan Google, Anda bisa membuat website Anda ditampilkan apabila seseorang mengetik suatu kata pada kotak searchnya. Apa yang diketik pada kotak search disebut dengan istilah keyword. Anda hanya perlu membayar Google apabila iklan Anda di-klik. Oleh karena itu, cara beriklan seperti ini disebut PPC (Pay Per Click) alias bayar untuk setiap klik. Nah, bagaimana cara menggunakan Google sebagai media iklan? Berikut adalah langkah2nya
Untuk bisa beriklan di Google, Anda harus mendaftar di Google  Adwords. Kalau Anda belum daftar, daftar di sini => daftar Google Adwords
Mendaftar di Adwords gratis, akan 
tetapi untuk dapat menggunakannya  Anda harus melakukan pengaktifan 
dengan kartu kredit seharga $5. Wajib  pakai kartu kredit. Nah, setelah 
Anda mendaftar, masuklah ke account Google Adwords Anda  dan masuklah ke
 menu campaign summary Sekedar catatan, untuk yang pertama kali 
mendaftar, akan otomatis  langsung disuruh membuat campaign. Nah urutan 
langkah2nya mungkin agak  sedikit berbeda. Panduan saya ini untuk yang 
sudah aktif (karena saya  kan sudah aktif). Tapi tetap membantu 
penjelasan kok, hanya urutannya  yang agak berbeda sedikit.
Kalau sudah, kliklah link keyword targeted di sebelah tulisan create  new campaign:
Keyword targeted akan memunculkan 
iklan Anda berdasarkan keyword yang  Anda inginkan, sedangkan 
placement-targeted akan memunculkan iklan Anda  pada website yang Anda 
inginkan. Untuk panduan kali ini, kita akan  mencoba keyword-targeted. 
Setelah mengklik link keyword-targeted, Anda akan masuk ke halaman  
setting iklan Anda yang pertama
Tuliskan nama campaign Anda pada kolom name your campaign  (berikan nama yang jelas untuk membedakan dengan campaign yang lain,  misalnya nama website yang diiklankan). Pada Name your ad group,
 masukkan kata kunci untuk  kumpulan keyword yang akan Anda masukkan 
nanti. Misalnya kumpulan  keyword yang mengandung kata coklat susu, Anda
 beri nama group, coklat  susu. Biasakan mengelompokkan adgroup Anda 
untuk setiap keyword utama  agar mudah dianalisis nantinya.
Untuk language yang digunakan customer
 Anda, pilihlah bahasa yang  digunakan oleh target market Anda. Umumnya 
adalah English ( saat ini,  kebanyakan orang yang suka beli2 barang 
online itu dari Amrik — orang  Indonesia kebanyakan masih suka klak klik
 iklan kalau penasaran, tapi  jarang beli, ya kan? 
Halaman berikut adalah memilih target lokasi iklan Anda
Pilihlah country and territories untuk
 memasang iklan pada negara  tertentu. Region dan city untuk memasang 
iklan pada kota tertentu, dan  customised untuk menentukan wilayah Anda 
lebih spesifik lagi misalnya  koordinat tertentu dari satelit (wow..).
Lalu klik continue
Berikutnya adalah memilih negara yang Anda inginkan iklan Anda muncul. Umumnya sih US saja. Tapi saya baru menemukan trik baru untuk mengetahui negara apa yang paling sering mencari keyword tertentu. Masuklah ke web ini untuk mengetahuinya http://Google.com/trends
Nah, setelah menentukan lokasi negara 
yang Anda incar (saya sih tetap  ke US, rata2 orang yang suka belanja 
pakai kartu kredit ada di sana)  klik tombol continue.
Masukkan teks iklan Anda di sini. Berikut adalah tips2nya:
- Tuliskan kalimat yang membuat orang penasaran
- Tuliskan kalimat yang kontroversial
- Berikan kalimat pertanyaan kalau perlu
- Tuliskan keyword Anda pada kalimat iklan Anda. Ketika iklan Anda ditampilkan nanti akan di-bold dan terlihat mencolok dibandingkan iklan yang lain
Berikutnya adalah pemilihan keyword
Nah, masukkanlah keyword yang Anda 
inginkan di sini. Nanti ketika  orang mengetikkan keyword tersebut, 
iklan Anda dijamin muncul. Tips dari  saya ialah jangan masukkan banyak 
keyword hingga ribuan/ratusan. Google memiliki sistem seperti ini, kalau
 mereka percaya iklan Anda  berkualitas dan sering di-klik orang, maka 
biaya per-klik Anda dapat  murah dengan sendirinya. Nah, dari mana 
Google melihat bahwa iklan Anda  berkualitas atau tidak? Kalau dengan 
impression yang sedikit iklan Anda  banyak diklik, berarti iklan Anda 
bagus. Nah, kalau keyword Anda ribuan,  sudah pasti jumlah peng-klik dan
 keyword yang Anda incar tidak  sebanding. Bisa2 impression jutaan tapi 
yang mengklik hanya puluhan.  Maka kualitas iklan Anda bisa dianggap 
jelek dan harga jadi mahal.
Tips dari saya ialah, jangan gunakan 
hanya feeling Anda untuk memilih  keyword. Terkadang feeling kita 
merasakan keyword ini banyak dicari  orang, tapi kenyataannya belum 
tentu seperti itu. Masukkan keyword hanya  dari 
freekeywords.wordtracker.com. Itu juga sudah cukup karena keyword  yang 
ditampilkan di situ sudah pasti dicari banyak orang. Akan tetapi,  tidak
 semuanya berkualitas juga. Nanti akan ada trik untuk mencari yang  
berkualitasnya.
Kalau sudah, klik continue..
Nah, gambar ini muncul kalau keyword 
Anda mengandung kata tertentu  yang butuh persetujuan dari hukum di 
Amerika. Tidak usah dipedulikan,  klik saja next lagi Setelah itu, 
proses pembuatan iklan Anda selesai, akan ditampilkan  seperti ini
Klik Save Ad Group dan selesailah.
Masih ada konfigurasi yang bisa kita atur, coba Anda pilih campaign  (iklan) Anda dan klik edit settings
Ini adalah layar konfigurasi campaign 
Anda. Di bagian budget, Anda  bisa menentukan budget Anda perhari. 
Dengan demikian, kalau jumlah biaya  yang harus dibayar sudah melebihi 
Rp 10.000, maka iklan Anda tidak akan  ditampilkan kembali. Ini sangat 
penting. Pengelolaan biaya iklan harus  menjadi fokus perhatian Anda. 
Jangan sampai Anda nanti dililit hutang  sama Google dan bangkrut 
seketika!
Keyword bidding hanya untuk menentukan harga  standard keyword Anda.
Ad Scheduling untuk menentukan 
jam berapa iklan Anda  ingin ditampilkan. Jadi misalnya Anda berpikir 
market Anda ini hanya  aktif pada malam hari, maka tampilkanlah iklan 
Anda hanya pada malam  hari saja.
Nah, ada pilihan untuk enable position preference.
  Yang satu ini harus diklik, artinya kita bisa menentukan iklan kita  
muncul di posisi keberapa. Ini adalah trik yang sangat jitu. Pastikan  
iklan Anda hanya muncul di halaman pertama, selain itu tidak usah  
ditampilkan.
Ad Serving, sesuai yang 
dijelaskan di tulisannya.  Saya tidak pernah ubah2 yang ini. Iklan yang 
muncul dengan teratur  sewaktu-waktu akan lebih efektif daripada iklan 
yang muncul terus.  Bayangkan kalau iklan tv yang sama muncul berkali2 
dan berurutan  seharian, pasti penontonnya kesal.
Nah, ini untuk memilih iklan Anda muncul di mana
Google Search artinya iklan Anda hanya muncul ketika  orang melakukan search
Search Network artinya iklan Anda muncul pada  partner Google yang lain, misalnya Ask Jeeves (Search engine lain)
Content Network artinya iklan Anda akan muncul di  adsense orang lain / halaman website orang lain
Content Bids artinya Anda bisa menentukan harga yang  berbeda untuk memasang iklan di content network.
Tips dari saya ialah, Anda harus 
memilih sesuai dengan kebutuhan  Anda. Kalau website Anda bertipe 
menjual, maka Anda butuh pembeli, bukan  hanya pendatang. Maka tampilkan
 iklan Anda hanya di search network.  Jadi orang yang masuk ke website 
Anda hanya orang2 yang mencari solusi  akan masalahnya.
Tapi kalau website Anda berisi 
berbagai informasi dan Anda ingin  banyak orang datang termasuk yang 
hanya ingin lihat2, maka letakkan  iklan Anda di content network. Karena
 orang yang mengklik iklan di  website orang lain ialah orang yang 
iseng2 tertarik dengan kalimat iklan  Anda. Perlu dicatat, kalau Anda 
pasang di content network,  impressionnya bisa banyak sekali. Ini cocok 
buat website bertipe adsense  (butuh banyak pengunjung yang suka iseng2 
klik).
Nah, trik saya yang lain yang cukup jitu ialah menentukan  posisi iklan Anda yang akan ditampilkan.
Trik ini hanya berlaku jika Anda mencentang tulisan enable  position preference
 Masuklah ke campaign Anda, lalu masuklah ke ad group yang Anda  
inginkan. Pilihlah tab keywords untuk menampilkan semua keywords Anda
Centanglah semua keywords Anda, lalu pilih edit keyword  settings
Nah,
 apabila Anda sudah mengaktifkan enable position preferece, Akan  ada 
bagian Position Preference. Tentukan hanya 1 sampai 8, karena  halaman 
pertama hanya berisi 8 iklan. Lalu klik gambar kotak kecil di  
sebelahnya untuk meng-apply aturan ini untuk semua keyword. Kalau sudah 
 klik save changes.
Dengan demikian, iklan Anda hanya akan
 ditampilkan di halaman  pertama. Kalau tidak muncul di halaman pertama,
 gak usah tampil  sekalian. Kalau Anda benar2 mau serius berinvestasi 
dalam advertising adwords  ini, ada baiknya Anda menggunakan software 
untuk membantu menemukan  keyword yang paling tepat untuk website Anda. 
Salah satu software yang  paling saya rekomendasikan adalah Keyword 
Elite Kalau mau belajar secara teori, panduan AdwordsInDetail yang 
dibuat oleh Robert  Hanson
 sangat membantu. Saat ini beliau sering berbicara di  berbagai seminar 
internet marketing dan menjadi tangan kanan Adam Khoo  untuk urusan 
internet marketing di Indonesia.
Mudah-mudahan tutorial ini dapat menjadi informasi yang berguna untuk Anda  semua. Terus belajar dan jangan pernah menyerah!
sumber
sumber
Post by Doel Piero.
 
 







 
 
 
 


0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !